Rabu, 16 Oktober 2024 – Dalam tiga hari terakhir, tiga dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palopo berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Ketiga dosen tersebut menyelesaikan studi doktoralnya dalam bidang Dirasah Islamiyah, dengan konsentrasi Pendidikan dan Keguruan.
Pada hari pertama, Senin, 14 Oktober 2024, Dr. Arifuddin, S.Pd.I., M.Pd., dosen program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), menjalani ujian terbuka doktoral. Dalam sidang tersebut, Arifuddin berhasil mempertahankan disertasinya yang membahas implementasi pendidikan Islam berwawasan kebangsaan di pondok pesantren.
Hari berikutnya, Selasa, 15 Oktober 2024, Dr. Ahmad Munawir, M.Pd., dosen program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), yang merupakan doktor termuda yang dihasilkan oleh UIN Alauddin Makassar sukses mempertahankan disertasinya. Ahmad Munawir mengangkat topik tentang pengembangan bahan ajar tematik integratif budaya lokal untuk madrasah ibtidaiyah.
Sementara itu, Dr. Mirnawati, S.Pd., M.Pd., juga dosen PGMI, menjadi penutup rangkaian promosi doktor dengan sukses pada Rabu, 16 Oktober 2024. Dalam disertasinya, Mirnawati mengembangkan model bahan ajar Bahasa Indonesia terintegrasi Higher Order Thinking Skills pada perguruan tinggi.
Pada saat promosi, Mirnawati memperlihatkan bahan ajar yang dikembangkannya dan mendapat pujian dari para penguji dengan menyatakan bahwa buku berjudul “Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi berbasis HOTS” yang dihasilkan pada disertasi ini adalah sebuah karya monumental dan sangat berguna bagi mahasiswa. Sehingga buku ini diharapkan akan menjadi buku pegangan pada mata kuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi.
Keberhasilan ketiga dosen ini akan mampu memberikan kontribusi besar bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya di FTIK IAIN Palopo. Dengan pencapaian ini, FTIK IAIN Palopo semakin memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas akademik serta terus mendorong tenaga pendidiknya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi demi kemajuan institusi dan dunia pendidikan.